Cara Agar Jam Tayang Channel Youtube Cepat Mencapai 4000 Jam

meningkatkan jam tayang youtube, jam tayang youtube

Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali orang-orang yang ingin menjadi Konten kreator di Youtube atau biasa disebut youtuber, pastinya keinginan mereka agar bisa mendapatkan penghasilan dari youtube, Sebagai mana yang kita tahu sudah banyak sekali orang-orang yang sukses sebagai youtuber dan mendapatkan penghasilan jutaan, puluhan juta, bahksan ratusan juta perbulan dari channel youtubenya.

Tentu saja itu membuat orang-orang lainnya tua muda ingin juga merasakan kesukseaan dari youtube. Tapi untuk itu bisa mendapatkan penghasilan dari youtube, Kita harus terlebih dahulu mendaftar menjadi partner youtube di program YPP (Youtube Partner Program). Nah sayangnya tidak semua orang bisa diterima bergabung di YPP tersebut, Karena Kita harus memenuhi beberpa persyaratan dulu agar bisa diterima.

Persyartan YPP tersebut adalah :

1. Channel kita harus memenuhi 4000 jam tayang dalam 12 Bulan (1 Tahun) untuk video panjang, Atau mendapatkan 10 Juta View dalam 90 hari (3 Bulan) untuk Video Shorts.

2. Mempunyai minimal 1000 Subscriber

Memang Cuma 2 itu yang utama, Terlihat simpe bukan..??

Tapi jangan salah, Untuk mencapai 4.000 jam tayang ataupun 10 Juta View shorts dan 1000 Subscriber itu bukanlah hal yang mudah.

Khususnya yang saya alami sendiri, mendapatkan 4000 jam tayang itu yang paling sulit. Sedangkan untuk mendaparkan 1000 Subscriber dulu termasuk sulit juga, tapi sekarang sudah sangat mudah, bagaimana caranya..?? Akan saya bocorkan Tips & triknya nanti di Artikel selanjutnya cara cepat mendapatkan 1000 subscriber Youtube.

Untuk artikel kali ini kita bahas cara mendapatkan 4000 jam tayang dulu, untuk memenuhi syarat monetisasi YouTube, Karena ini yang agak sulit, tetapi dengan Tips dan trik di bawah, kalian bisa mempercepat prosesnya. Insha Allah.

1. Buat konten yang menarik

Konten adalah kunci sukses di YouTube, Jadi selain membuat konten yang berkualitas, dari cara pengambilan gambar, Kualitas Video (Jangan burik) Minimal HD 720p, dan kualitas Audio (Suara bisa didengar dengan baik), Isi video kita juga harus menarik dan sesuai dengan minat target audiens kita.

Seperti apakah konten yang menarik itu?? Yaitu yang banyak disukai dan dicari banyak orang. Bagaimna cara mencari konten yang menarik itu?? Yaitu dengan riset kecil-kecilan bagi pemula.

Bagaimana cara risetnya?? Bagi pemula cukup dengan melihat2 video-video orang lain ang ramai penonton, yang sedang trending, atau viral, nah bisa kalina ikuti saja dulu itu, dengan cara ATM, Amati, Tiru, dan Modifikasi. Itu saja dulu, nanti seiring berjalannya waktu kalian akan mendapatkan banyak ide-ide dan ilmu baru tentang bagaimana mencari ide video yang menarik & disukai banyak orang.

2. Promosikan video Anda:

Setelah upload, kalian bisa mempromosikan video kalian di media sosial dan platform lain untuk meningkatkan jumlah tayangan dan mendorong interaksi dengan pengguna. Zaman sekarang sudah sangat banyak sekali media sosial yang  bisa dijadikan wadah mempromosikan video-video di channel kita, Contohnya seperti facebook, Instagram, Tiktok, Snack, X, pinterest, grup whatsapp, bahkan status whatsapp kita bisa dijadikan wadah mempromosikan video kita.

3. Konsisten dalam memposting video:

Konsistensi juga sangat penting di YouTube. Cobalah untuk memposting video dengan jadwal yang teratur dan konsisten agar subscriber kalian dapat menonton konten baru kalian secara teratur.

Misalnya kalian upload video baru setiap 1 minggu sekali di hari senin jam 6 malam. Nah dengan jadwal upload yang teratur seperti itu bisa membuat subscriber setia kalian tahu dan hafal kapan mereka akan stay tune di channel kalina untuk menonton video baru dari kalian.

4. Gunakan judul, deskripsi hastag dan tag yang sesuai:

Jangan lupa setiap upload video, Pastikan selalu mengisi judul, deskripsi, hastag dan tag video kalian dengan lengkap, jelas, detail, dan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan isi video kalian, Sehingga mudah ditemukan oleh orang yang mencari konten serupa di YouTube, maupun di browser google.

5. Gunakan thumbnail yang menarik:

Thumbnail atau cover video kita haruslah dibuat dengan semenarik mungkin, buat gambar atau desain yang bagus, jelas, dan mewakili isi video kalian. Sedikit klik bait tidak masalah, agar orang tergoda untuk klik video kalian, itu dapat membantu meningkatkan rasio klik tayang video kita asal klik baitnya tidak menipu dan masih sesuai dengan isi video kita, agar orang yang sudah klik dan mulai menonton video kita tidak merasa tertipu dan kabur. Kalau banyak penonton yang kabur, dan hanya menonton video kita sebentar saja, misal hanya beberapa detik dari 5 menit durasi video kita, Itu bisa merusak retensi tontonan video kita, Yang mengakibatkan video kita tidak akan direkomendasikan ke lebih bnyak calon penonton.

6. Interaksi dengan audiens Anda:

Bangunlah interaksi dan hubungan baik dengan audiens, terutama penonton yang bertanya sesuatu di kolom komentar tentang video kita. Sebisanya jawablah, agar mereka merasa terpuaskan dengan pembahasan kita. Itu bisa membantu meningkatkan loyalitas mereka yang sudah subscribe, Dan bisa membuat yang belum subscribe jadi subscribe channel kita, Dengan begitu bisa mendorong mereka ingin menonton lebih banyak lagi video kita yang lainnya.

7. Gunakan strategi marketing yang cerdas:

Sebagai konten kreator, kita sama saja ibarat pedagang yang sedang menjajakan dagangan kita, yaitu berupa video. Kita ingin video kita laku dan ditonton banyak orang bukan?

Nah, salah satu teknik marketing untuk memasarkan konten-konten video kita agar dikenal & diminati banyak orang lalu mereka mau menontonnya, yaitu salah satunya berpartisipasi dalam kolaborasi dengan YouTuber lain yang sudah lebih dahulu terkenal dan punya banyak subscriber. Selain itu bisa dengan menjalankan kampanye iklan. Kita bisa mengiklankan video kita melalui platform youtube itu sendiri, facebook dan instagram ads, maupun google ads.

Nah strategi kolabs dan kampanye iklan ini sedang ngetrend sekarang, kita bisa ikut memanfaatkannya. Mengikuti trend yang sedang berlangsung dapat membantu meningkatkan eksposur dan tayangan video kalian.

8. Terus belajar dan bereksperimen:

YouTube terus berubah, Algoritmanya terus berubah, Aturannyapun terus diperbarui sesuai perkembangan zaman. Sehingga kalianpun perlu terus belajar dan bereksperimen dengan strategi dan teknik baru untuk membangun audiens dan meningkatkan Jam tayang video Kalian, jangan stagnan dan malas untuk mempelajari ilmu-ilmu baru di bidang peryoutuban.

Selain itu, penting untuk selalu mengikuti kebijakan dan pedoman YouTube agar video Anda tidak terkena sanksi atau pembatasan, atau yang paling buruk, dibanned.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Insha Allah akan dapat meningkatkan Jam tayang video kalian dan mencapai 4.000 jam tayang dengan lebih cepat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url