5 Cara agar video kita direkomendasikan youtube

5 Cara agar video kita direkomendasikan youtube

Sebagai seorang konten kreator Youtube (Youtuber), tentunya kita ingin agar konten-konten video kita ditonton banyak orang.

Agar video kita bisa ditonton oleh banyak orang, Tentunya pertama video kita harus mudah ditemukan dulu oleh orang-orang yang sedang berselancar di platform youtube untuk mencari video-video yang menarik atau mereka sukai.

Nah untuk ditemukannya video kita di platform youtube itu bukanlah hal yang mudah, Video kita harus bersaing dengan jutaan video menarik lainnya dari berbagai belahan dunia.

Dengan persaingan yang sangat ketat itu, Mustahil rasanya video kita bisa ditemukan orang dan ditonton banyak orang jika video kita tidak direkomendasikan oleh youtube tu sendiri.

Nah untungnya Algoritma youtube itu sendiri sudah menyediakan sebuah sistem yyang biasa kita sebut rekomendasi youtube, Agar video kita bisa menjangkau banyak calon penonton, mudah ditemukan, dan akhirnya bisa mendapatkan viewer (penonton) yang banyak.

Tapi agar video kita direkomendasikan oleh youtube pun, Tidak semudah itu, konten-konten video kita harus memenuhi syarat-syarat agar direkomendasikan oleh youtube. Apa saja kah syarat-syarat itu?

Simak terus Penjelasan di bawah ini :

 Ada beberapa cara untuk membuat video kita lebih mungkin direkomendasikan oleh YouTube:

1.       Kualitas Konten yang Baik : Pastikan video Anda menawarkan sesuatu yang berbeda dan menarik dibanding ompetitor anda. Kualitas produksi (kualitas audio visual/gambar yang jernih & tajam serta suara yang jelas) dan presentasi (cara kita menyajikan konten video kita0 juga harus baik agar penonton tidak cepat bosan.

 

2.       Pemilihan Kata Kunci yang Tepat : Memilih kata kunci yang tepat dapat membantu video Anda muncul di hasil pencarian yang relevan dengan topik yang dibahas di dalamnya.

Buatlah judul yang mengandung kata kunci yang ingin Anda targetkan, tentunya judul harus sesuai dengan isi konten, tidak boleh menipu (klikbait yang berlebihan & tidak sesuai sama sekali dengan isi video). Karna jika judul & isi video Anda tidak sesuai, penonton akan segera pergi dan mencari video lain yang sesuai dengan yang mereka inginkan.

 

3.       Interaksi dengan Penonton : Memotivasi penonton untuk menonton video sampai selesai dan memberikan interaksi dengan mereka seperti membalas komentar atau menjawab pertanyaan, dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan mengurangi bounce rate.

Selain itu, jika kita selalu aktif membalas komentar atau pertanyaan-pertanyaan penonton kita, mereka akan merasa dipedulikan, merasa terbantu, sehingga mereka akan merasa puas dengan pelayanan kita & bisa menimbulkan ikatan emosional, menyukai channel kita lalu menekan tombol subscribe, dan bisa menjadi penonton setia setiap kali kita mengupload video baru.

 

4.       Menggunakan Tag yang Tepat : Memilih tag yang relevan dengan isi video Anda dapat membantu mesin pencari memahami konten Anda dan membuatnya lebih mungkin muncul dalam hasil pencarian terkait.

 

Buatlah Tag berdasar kata kunci yang kita target, beserta beberapa turunannya, dan kata-kata yang sesuai dengan isi video kita, Kita bisa fikirkan kira-kira kata apa yang akan diketikkan orang di pencarian google maupun pencarian youtube saat mereka ingin mencari video dengan pembahasan seperti yang sedang kita bahas di video kita.

 

5.       Promosi di Media Sosial : Setelah kita upload video kita, Ada baiknya kita juga Mempromosikan video kita di media sosial seperti Instagram, Twitter atau Facebook, agar dapat membantu menjangkau penonton yang lebih luas dan membuat video Anda lebih mungkin direkomendasikan oleh YouTube.

Tetapi ingat, Jangan berlebihan saat membagikan video ke platform lain, sewajarnya saja, karna jika berlebihan, video kita bisa dianggap spam yang bisa mengakibatkan video kita dihapus, Dan paling parah channel kita bisa dibanned Youube, jadi hati-hatilah.


Nah, Semoga ke 5 Tips di atas bisa membuat video kita direkomendasikan oleh youtube sehingga bisa mendapatkan banyak viewer.

Namun, harus diingat bahwa algoritma YouTube terus berkembang dan berubah dari waktu ke waktu, sehingga strategi yang efektif untuk sekarang, mungkin akan berbeda lagi di tahun-tahun mendatang.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url