Cara mematikan (Shut down) komputer Windows menggunakan Keyboard

Keyboard shortcut to shutdown widows pc


Kebanyakan orang jika ingin mematikan atau shut down Windows pada komputer atau laptop kita, biasanya dengan cara mengklik start menu kemudian klik icon power lalu klik lagi menu shut down. 

Benar kan..?

Nah, selain menggunakan cara konvensional tersebut, kita juga bisa mematikan (shut down) pc windows kita dengan menggunakan shortcut atau jalan pintas, yaitu menggunakan tombol keyboard.

Namanya juga Short cut atau pintasan, pastinya digunakan untuk mempercepat dan memudahkan kita melakukan perintah pada komputer atau laptop.

Sama persis seperti saat kita melakukan copy paste file atau text hanya dengan menekan tombol CTRL + C, lalu CTRL + V, dalam hitungan detik file sudah tercopas copy paste).

Jauh lebih cepat dibandng jika kita harus klik-klik menu dengan mouse, dan cara ini juga bisa jadi penolong ketika mouse atau touch pad kita sedang rusak.

Caranya sangat mudah, yaitu tinggal tekan saja tombol : ALT + F4 pada keyboard kita. Jika muncul pop up seperti dibawah ini, langsung tekan enter saja maka windows akan shut down.

windows shut down pop up windows

Jika ingin cancel, tinggal tekan tombol navigasi kiri atau kanan untuk memindah hightlight ke menu cancel. hightlight yang dimaksud adalah sorotan warna biru tanda kita sedang memilih menu yang ada di layar.

Oh ya, selain berguna untuk shut down atau mematikan komputer atau laptop kita, shortcut ini ( ALT + F4 ) juga bisa untuk menutup secara cepat aplikasi (software) yang sedang berjalan atau sedang kita buka.

Nah gampang bukan??

Sampai disini dulu tutorial kali ini, Jangan lupa share artikel ini agar bisa membantu kawan-kawan yang lain Semoga Bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url