Cara Meningkatkan Pengunjung (Visitor) Blog Terbaru 2021

meningkatkan visitor, meningkatkan traffic, meningkatkan pengunjung

Semua blogger pasti ingin karya-karya tulisannya dibaca banyak orang. Nah cara agar blog dapat dibaca oleh banyak orang kita harus meningkatkan dulu visitornya. Visitor sendiri dapat diartikan orang yang mengunjungi blog kita.

Agar bisa blog mendapatkan banyak pengunjung, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang tidak mudah, Selain kita harus membuat tampilan blog kita semenarik mungkin sehingga orang suka dan merasa tertarik untuk melihat-lihat blog kita, kita juga harus membuat artikel yang bagus, berisi, tidak asal-asalan dan menggunakan bahasa yang menarik sehingga yang membaca tidak cepat bosan.

Selain itu, buat juga navigasi di halaman utama blog kita mudah diakses, Juga mudah dimengerti pengunjung. Agar visitor/pengunjung tidak sukar untuk melihat-lihat dan membaca artikel-artikel yang ada dalam blog kita.

Tips-tips di atas adalah hal-hal basic yang masih bersifat umum untuk diperhatikan ya, Nah berikut ini adalah Tips yang lebih spesifik agar blog kita bisa mendapatkan banyak pengunjung (Visitor). Yuk Lanjut Baca :

Membuat Artikel yang Menarik

Dalam membuat artikel, yang kalian harus diperhatikan adalah kualitasnya, bukan hanya kuantitas. Karena walaupun artikel dalam blog kita banyak, tapi tidak berkualitas dari segi tata bahasa dan kalimat-kalimatnya njlimet, pembahasan kurang mendalam, dll itu akan dianggap Low Value Content oleh google dan berpengaruh pada penilaian saat kalian mendaftarkan blog kalian ke google Adsense. Jika ditolak google adsense, tahu sendiri kan, blog kalian tidak bisa menghasilkan cuan.

Jadi buatlah artkel yang banyak tapi berkualitas, dalam segi menariknya ataupun lengkapnya. Menarik maksudnya buatlah artikel dangan bahasa & kata-kata yang menarik & mudah dimengerti semua manusia, baik kalangan tua maupun muda.

Lengkap maksudnya, dalam membuat artikel yang membahas sesuatu, usahakan bahas sampai tuntas, jangan setengah-setengah, riset dulu, baca-baca artikel dari blog lain yang membahas hal yang sama, tambahkan ke artikel kalian apa-apa yang dirasa kurang sampai artikel kalian menjadi yang paling lengkap. sehingga pembaca kalian merasa terpuaskan dan merasa cukup mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan membaca artikel kalian saja tapa harus ribet baca-baca dari blog lain lagi.

Kalau pengunjung blog kalian sudah merasa senang untuk membaca artikel kalian, mereka akan betah berlama-lama & mulai membaca artikel kalian lainnya. Jika blog kalian sudah menjadi favorit mereka, mereka akan terus kambali lagi untuk melihat-lihat apakah ada update terbaru.

Mempelajari & menerapkan SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimazation. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “Meng-Optimalkan mesin pencari” seperti google, yahoo, bing, duckduckgo, dan lainnya.

Tujuannya agar jika calon visitor mengetikkan kata kunci di mesin pencari tersebut yang muncul di halaman pertama adalah artikel dari blog kalian. Apalagi jika muncul di halaman pertama dan urutan pertama pula, sering disebut juga dengan Page One. Wuih... mantaf banget kalo bisa begitu.. dijamin (Insha Allah) artikel kalian akan banyak yang baca & blog kalian akan banyak pengunjungnya.

Tapi ini tidak mudah, diperlukan usaha & kerja keras kalian untuk mempelajari apa itu SEO, silahkan browsing, baik di web-web ataupun yotube sudah banyak yang membahasnya, kalian juga bisa ikut kursus online atau webinar baik yang gratisan maupun berbayar.

Blogwalking

Blogwalking bisa dikatakan berjalan-jalan, berkunjung, atau mampir ke blog orang lain. Tujuannya bisa bermacam-macam, yaitu mencari ide untuk konten blog nya sendiri, atau berdiskusi dengan pemilik blog, untuk menambah ilmu baru, dengan begitu kalian bisa memperluas networking antar blogger.

Jika kalian sudah mempunyai banyak teman blogger, kalian bisa saling berdiskusi, berbagi ide, dan bisa saling berbagi link artikel blog kalian yang membahas topik yang sama.

Semakin luas networking kalian, semakin banyak kesempatan kalian mempromosikan dan mengundang pengunjung untuk mampir ke blog kalian. Jika semua dilakukan dengan benar, kemungkinan besar meningkatkan trafik ke blog kalian.

Backlink

Apa itu Backlink...?? Backlink adalah ketika link blog kalian dicantumkan di blog orang lain. Contoh : Blog A membuat konten tentang Review produk smartphone” pada artikel tersebut si penulis juga mencantumkan harganya, untuk penguat lalu mereferensikan link “harga smartphone” yang didapatnya di blog resmi penjual smartphone (Blog B). Dengan begitu si penulis blog A sudah melakukan backlink ke blog B.

Banyak ahli SEO mengatakan bahwa backlink sangat penting dalam membantu suatu website mendapatkan ranking atau peringkat dalam hal pencarian.

Intinya, backlink ke blog kalian merupakan sinyal ke mesin pencari yang memberikan jaminan bahwa konten kalian bagus & relevan. Semakin banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin pencari akan semakin merekomendasikan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.

Perlu diketahui, backlink juga memiliki skor atau nilai yang berbeda-beda tergantung pada dari mana backlink itu berasal.

Backlink dapat dinilai berharga apabila situs pemberi backlink terpercaya, terkenal atau banyak pengunjung.

Sebaliknya jika backlink didapat dari situs dengan otoritas rendah biasanya tidak akan meningkatkan ranking blog kalian, bahkan jika backlink dari situs yang berpotensi spam, bisa membuat blog kalian terindikasi Spam juga.

Jadi jangan berhati-hatilah dalam mendapatkan backlink.

Bagaimana cara mendapatkan backlink?? Apakah backlink gratis?

Sekarang sudah banyak Website atau Blog besar dengan trafik pengunjung tinggi yang menyediakan layanan jasa backlink, ada yang berbayar, ada yang gratis bersyarat. Tinggal kita nya saja yang pintar-pintar mencari dan memilih.

Nah sampai disini dulu pembasahan mengenai cara meningkatkan pengunjung blog ini, Sampai jumpa di pembahasan lainnya.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url