Tips Memilih Niche Blog agar Update Artikel Jalan Terus

 

Tips Memilh niche blog


Halo Sobat, berikut ini saya punya sedikit Tips cara memilih niche atau topik blog yang mungkin sesuai dengan minat & hobymu. khususnya para blogger pemula, newbie atau yang baru mau mulai ngeblog.

Niche artinya adalah topik spesifik yang dibahas di artikel blog kita.

Niche blog ini termasuk hal yang penting untuk sebuah blog.  Jika blog tidak memiliki niche apa yang harus dibuat? Pilihannya ya campur-campur,  Bener bukan.?  Keduanya memang memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing. Tapi di artikel kali ini kita bahas tentang niche saja dulu...ok??

Penting memilih niche yang tepat supaya ketika update artikel tidak tidak stuck, karena bosan maupun karena kehabisan ide, sehingga konten bisa update & jalan terus.

Berikut Tips memilih Niche yang mungkin bisa kalian jaikan referensi, silahkan kalian pahami dan cermati.

 

1. Hobi atau kebiasaan

Yang pertama ini,  Hobi kalian sukanya apa? Jika kalian suka membuat kerajinan tangan, memasak, menjahit,dll. Kalian bisa membuat artikel blog yang sesuai dengan hobi tersebut. Kalian hobi bermain game Mobile seperti mobile legends, Pubg, Codm, dll?  buatlah artikel yang terkait dunia game tersebut, jadi sekalian menyalurkan hoby, kalian bisa dapat konten untuk Blog kalian, Banyak juga yang sudah sukses di dunia blog maupun Youtube dengan membuat konten game ini.

Karena biasanya hoby pasti kita lakukan tiap hari, Itu akan membuat update artikel jadi ikut lancar tiap hari ataupun setiap saat tanpa membuat kita bosan, tidak menganggapnya beban bahkan kita menikmatinya.

Nah, mulai sekarang jadikanlah Hoby kalian menghasilkan, sambil menyalurkan hoby dapat uang, mantaf bukan..

 

2. Pekerjaan

Pekerjaan ini juga salah satu cara untuk bisa memudahkan dalam membuat konten untuk artikel blog. Seperti contoh jika kalian bekerja di teknik mesin atau Automotif. Kalian bisa membuat artikel tentang berupa cara-cara atau tutorial yang berkaitan dengan teknik mesin atau Automotif.

Dengan bidang yang kalian tekuni atau jalani ini pastinya kalian faham betul donk teknis-teknis bidang tersebut, nah dari situ kalian bisa mengedukasi para pembaca yang punya minat yang sama dengan pekerjaan kalian.

Pekerja pemula atau yang sedang belajar biasanya akan mencari rujukan dari internet, blog, website, dll. Syukur-syukur mereka menemukan yang mereka cari di blog kalian, dan akan menjadikannya blog utama setiap kali mencari rujukan. Mereka akan subscribe/follow blog kalian & selalu menunggu artikel terbaru kalian.

 

3. Konten Viral

Topik yang bagus adalah topik yang disukai & dicari oleh banyak orang. Biasanya konten yang sedang viral, pastinya banyak yang nyari, jika kita ikut membahasnya di blog kita, bisa mendatangkan banyak visitor ke blog kita.

Nah konten viral bisa kita dapatkan dari mana saja, baik berita dari media tv, media online, media sosial, bahkan dari grup-grup wa, telegram , bahkan dari status sosmed temen-teman kita bisa kita jadikan rujukan untuk membuat konten yang menarik.

Saya saja hampir setiap hari mendapat kiriman video-video yang sedang viral dari teman-teman melalui grup-grup wa, asal kita jeli & jiwa kontennkreator kita sudah terasah dengan baik, apapun akan bisa dijadikan konten,hehe... Mirip seperti wartawan lah, orang yang sudah benar-benar berjiwa jurnalis, akan jeli melihat apapun disekitarnya sebagai berita menarik. Tinggal eksekusi, tulis & cari rujukan pendukung, posting, jadi deh.

Tapi konten Viral biasanya bersifat sementara, setalah kehebohan mereda, tidak ada lagi orang yang penasaran & mencari2 berita tersebut, dan mungkin hanya dibaca orang untuk beberapa waktu setelah itu akan dilupakan.

 

4. Referensi

Yang terakhir ini adalah Referensi. Referensi adalah melihat contoh dari blog atau website orang lain. Maupun dari youtube.

Jika kalian masih pemula, bisa kalian belajar dari refensi ini. Salah satu cara ini adalah mudah untuk di pahami dan kalian bisa merangkum dari artikel orang lain, di re-write (tulis ulang) atau dibuat artikel dengan pembahasan dari sudut pandang kalian sendri. Ingat jangan copy paste keseluruhan tanpa mengubah atau menambahkan konten hasil pemikiran kalian sendri.

Jadi begitulah artikel tentang cara memilih niche yang tepat agar update blog jalan terus.

Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya, bantu share agar teman-teman yang lain juga bisa mendapat manfaatnya & Sering-sering berkunjung ke a6multimedia.com.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url