SMAN 1 Kuala Pembuang Gelar Pelantikan Ketua Osis

Pelantikan Osis SMAN 1 Kuala Pembuang
Muhammad Ihya Adido dan Dyah Setyorini, pasangan ketua dan sekretaris Osis yang memenangkan suara terbanyak pada pemilihan ketua dan sekretaris osis atau Pilkasis  di SMA Negeri 1 Kuala Pembuang pada Selasa 25 September lalu, akhirnya dilantik secara resmi pada hari Senin 01 Oktober 2012 pagi, di lapangan SMAN 1 Kuala Pembuan.

 Pemilihan umum secara Demokratis yang dipilih berdasarkan suara terbanyak, ternyata tidak hanya didominasi oleh Pilpres ataupun Pilkada saja, di sekolah pun asas Demokrasi seperti ini bisa diterapkan, contohnya melalui Pilkasis atau Pemilihan Ketua Osis, seperti yang telah diterapkan beberapa tahun terakhir ini oleh SMA Negeri 1 Kuala Pembuang.

Pada selasa 25 September lalu, SMAN 1 telah mengadakan pemilihan langsung ketua dan sekretaris osi yang sebelumnya juga telah diawali dengan debat para kandidat pada Kamis 20 September dan kampanye serta penyampaian Visi-Misi pada Jum’at 21 September lalu.

Pada pemilihan tersebut, akhirnya dimenangkan pasangan Muhammad Ihya Adido dan Diah Setyorini dengan perolehan suara 66,5 % dari total suara, mengalahkan 6 pasangan kandidat lainnya.
M.Ihya Adido & Diah Setyo Rini
 Muhammad Ihya Adido yang juga putra dari pasangan bapak H. Syamsul Rizal dan Ibu HJ. Sri Heviana bersama Diah Setyorini akan menggantikan posisi pasangan ketua dan sekretaris osis yang lama, yaitu Yoga Ramadhan dan Khusnul Khotimah, untuk periode 2012-2013, yang dikukuhkan dengan Upacara Pelantikan yang diadakan di lapangan SMAN 1 Kuala Pembuang.

Upacara pelantikan ini ditandai dengan pernyataan janji jabatan yang dibacakan oleh Kepala Sekolah SMAN 1, Drs. M Darmawan dan diikuti oleh semua pengurus osis terpilih.

Kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan Pengurus Osis periode 2011-2012 kepada pengurus osis yang baru dan diakhiri dengan Penyerahan Bendera Osis dari ketua yang lama kepada ketua osis yang baru.


Kepala Sekolah SMA Negeri 1, Drs. M Darmawan berharap kepada pengurus osis yang baru sesuai perkembangan zaman agar bisa menyikapinya dengan langkah-langkah positif melalui kegiatan-kegiatan positif yang bisa mengembangkan potensi-potensi para siswa.


Beliau juga berharap, agar Visi-Misi kepengurusan osis yang baru yaitu, Aktif-Kreatif-Inovatif dan Disiplin agar bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Drs. M Darmawan juga menambahka, bahwa pemilihan langsung ini sudah diterapkan sekitar 4 tahun terakhir, dan SMA Negeri 1 Kuala Pembuang adalah yang pertama kali menerapkan sistem ini di Kalimantan Tengah.

Tujuan dan harapan dari diterapkannya sistem pemilihan langsung ini adalah untuk mendidik dan membangun jiwa Demokrasi bagi peserta didik di SMAN 1 Kuala Pembuang agar kedepannya mereka bisa menerapkan perilaku demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Khairil Anam ////////SSTV   
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url